Cara Membuat Kue Serabi Asli Indonesia


Kue Serabi
Kue Serabi

Bahan:

* 500 gram tepung terigu
* 1 sdt garam
* 1 sdt baking powder
* 3 butir telur, kocok sebentar
* 1250 ml santan, dari 1 butir kelapa
* 50 ml air daun suji-pandan

Saus:

* 200 gram gula merah, sisir
* 1 sdm gula pasir
* 750 ml santan, dari 1 butir kelapa
* 1/2 sdt garam
* 6 cm kayu manis
* 2 butir cengkih
* 4 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Membuat Kue Serabi:

1. Campur tepung, garam dan baking powder dalam wadah, aduk rata. Tambahkan telur kocok dan 400 ml santan ke dalamnya, aduk rata. Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 20 menit hingga adonan licin dan terasa ringan.
2. Masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Masukkan air daun suji-pandan ke dalam adonan, aduk rata. Aduk dengan sendok kayu, agar udara bisa masuk ke dalam adonan. Diamkan adonan kurang lebih 2 jam.
3. Siapkan wajan kecil berdasar tebal atau wajan tanah liat, panaskan di atas api sedang, olesi dengan minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur (kurang lebih 75 ml) adonan putih ke dalam wajan.
4. Masak hingga adonan berlubang-lubang mulai dari bagian pinggirnya, tunggu hingga lubang cukup banyak, tutup wajan, masak hingga serabi matang. Congkel dan keluarkan serabi dari wajan. Lakukan hingga semua adonan habis.
5. Saus: Taruh semua bahan saus di dalam panci, masak diatas api sedang. Timba-timba santan hingga mendidih agar santan tidak pecah. Masak terus hingga gula larut dan bau harumnya keluar, angkat. Sajikan sebagai pelengkap serabi
IKLAN
Tag : Resep Kue IKLAN
0 Komentar untuk "Cara Membuat Kue Serabi Asli Indonesia"

Back To Top