Apa itu Abon/Pengertian Abon

Apa itu Abon ?Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitaman. Abon tampak seperti serat, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering. Karena kering, Abon tergolong produk olahan yang awet. Untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan, abon dikemas dalam kantong olasyik dan ditutup dengan rapat.

Dengan cara demikian, abon dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa bulan, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan kedap udara. Selain dari bahan dasar daging, ada beberapa abon yang berbahan dasar ikan, seperti ikan tuna, ikan lele, gurame gabus dan belut, serta tenggiri,  dan mereknya pun sangat beragam.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper. Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, ikan, dan kambing. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo, Salatiga, dan sekitarnya. 

Link Yang Berhubungan :


cara membuat abon sapi

cara membuat abon ikan tuna

cara membuat abon ikan patin
Lihat disini

cara membuat abon ikan tenggiri

cara membuat abon daging ayam

cara membuat abon gurame

cara membuat abon lele

cara membuat abon ikan gabus
IKLAN
0 Komentar untuk "Apa itu Abon/Pengertian Abon"

Back To Top