21 Resep Asli Mooncake Teratai Dan Cara Buatnya

inforesep-mooncake-teratai
Legenda Mooncake :
Bayangkan jika bumi memiliki 10 matahari, panasnya begitu menyengat dan mungkin tak pernah ada malam hari. Demikianlah yang terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Yao (sekitar tahun 2000 SM). Maka dia meminta Hou Yi, pemanah terbaik kekaisaran untuk memanah 9 matahari lain. Setelah berhasil, Dewi Surga Barat menghadiahkan Hou Yi pil keabadian.
Saat Hou Yi pergi, istrinya, Chang Er tertarik aroma pil dan segera meminumnya. Ajaib, ia bisa terbang. Namun ketika Hou Yi kembali, Chang Er yang panik langsung terbang ke bulan. Karena kelelahan, setibanya di bulan Chang Er langsung memuntahkan bungkus pil yang dimakannya tadi, dan langsung berubah menjadi kelinci giok.
Chang Er tidak pernah kembali lagi ke bumi. Tetapi menurut legenda, kecantikan Chang Er akan mencapai puncaknya pada masa Festival Tengah Musim Gugur di saat bulan purnama.
Tradisi “Moon Cake” yang masih berjalan hingga kini, juga menyimpan versi berbeda dari masa peristiwa pada tahun 1280-1368 di saat kaum Mongolia telah menghancurkan Dinasti Song dan menguasai daratan Cina (1280-1368).
Di bawah kekuasaan kaum Mongolia, bangsa Cina tertindas hingga merencanakan perlawanan pada perayaan Agustus tahun 1938. Untunglah, bangsa Mongolia tidak memahami tradisi perayaan Moon Cake. Maka peluang tersebut digunakan sebagai pengiriman pesan rahasia, melalui kertas yang diselipkan di dalam Moon Cake.
Festival yang juga dikenal sebagai Festival Bulan atau Festival Kue Bulan itu dirayakan setiap tahun pada hari ke-15 bulan ke-8 kalender Cina. Pada festival tersebut, setiap anggota keluarga keluar rumah, mencari tempat-tempat terbuka yang indah untuk menikmati kue bulan sambil memandang indahnya bulan purnama.
Penuhnya bulan dan terangnya bulan pada festival ini menyimbolkan keluarga dan persatuan. Itulah sebabnya, kue bulan sering kali dikirimkan kepada kerabat.
Resep Bahan Mooncake Teratai :
  • adonan kulit 1/2 resep
Resep Adonan Kulit Mooncake :
  • tepung hongkong 600 gram
  • sirup gula 600 ml
  • minyak sayur 100 gram
  • air kie 1 sendok makan
  • telur ayam 1 butir
Resep Bahan Isi Mooncake Teratai :
  • pasta biji teratai (lotus seed paste) 1 kg, siap pakai
  • kuning telur asin 8 butir
Cara Membuat Mooncake Teratai :
  1. Kulit : Campur minyak, gula dan air, aduk rata. Masukkan tepung hongkong, aduk hingga rata. Bentuk adonan bulat panjang, potong dan timbang seberat kurang lebih 18 gram.
  2. Isi : Timbang isi seberat 120 gram, letakkan kuning telur di tengah isian.
  3. Pipihkan adonan kulit, isi dengan isian.
  4. Cetak adonan yang telah diisi , tekan-tekan agar muncul motifnya.
  5. Keluarkan adonan dari cetakan. Olesi permukaan kue dengan kuning telur.
  6. Panggang dalam oven bersuhu 180° C selama kurang lebih 30 menit hingga berwarna coklat keemasan.
  7. Angkat dan sajikan.
Untuk 8 buah
Selamat mencoba

IKLAN
Tag : Aneka Resep cake IKLAN
0 Komentar untuk "21 Resep Asli Mooncake Teratai Dan Cara Buatnya"

Back To Top