13 Aneka Resep Moscovis asli Dan Cara Buatnya

moscovis-inforesep
Moscovis merupakan salah satu dari sekian banyak cake klasik yang masih dicari dan dinikmati hingga saat ini. Kuno tetapi tidak selalu tertinggal, di beberapa bidang yang kuno bisa jadi bernilai tinggi. Di bidang kuliner, Cake Klasik masih banyak dicari orang. Selain lebih mudah, rasanya lezat, cake klasik tergolong aman karena mayoritas tidak mnggunakan bahan tambahan makanan.
Di beberapa jenis cake membutuhkan ketelatenan ekstra seperti saat membuat lapis legit maupun moscovis. Untuk mendukung kesuksesan Anda membuat Cake Klasik Bebas Bahan Pengawet, perhatikan beberapa tips berikut :
  1. Bila dalam cara pembuatan resep tertulis, masukkan tepung terigu pada telur dan gula yang sudah dikocok. Sebaiknya ayak tepung terigu terlebih dahulu. Masukkan terigu saat adonan yang dikocok benar-benar mengembang sempurna dengan cara melipat, menggunakan spatula (solet). Lakukan hal yang sama untuk margarin cair.
  2. Ciri-ciri telur dan gula kocok yang mengembang adalah, ambil adonan dengan jari telunjuk lalu balikkan. Bila adonan tidak terjatuh tandanya adonan sudah mengembang sempurna.
  3. Teknik memasukkan melipat tujuannya, agar pori-pori yang sudah terbentuk tetap terjaga sehingga adonan tetap kokoh dan hasilnya tidak bantat.
  4. Bila menggunakan campuran buah kering, pastikan buah dalam kondisi bersih dan kering. Campur buah dengan sedikit terigu hingga rata sehingga saat dicampur dengan adonan, buah kering akan menyebar rata.
  5. Pastikan wadah dan baloon wisk (alat pengocok mixer) dalam kondisi benar-benar kering saat mengocok putih telur agar putih telur mengembang sempurna.
  6. Jangan menggunakan telur yang baru keluar dari lemari pendingin. Telur yang dingin tidak akan menghasilkan cake yang mengembang sempurna.
  7. Cairkan margarin di atas api kecil (jangan sampai mendidih), agar cairan dan lema terpisah. Pastikan warna margarin kuning kental bukan jernih.
  8. Fungsi santan dalam adonan, selain menambah rasa gurih juga membantu melmbutkan cake.
  9. Jangan mengocok telur dan margarin bersamaan, kocok margarin hingga mengembang lalu masukkan 1 butir telur, kocok kembali hingga rata, masukkan telur berikutnya, begitu seterusnya. Hal ini dilakukan agar adonan tidak pecah dan dapat tercampur dengan rata.
Resep Bahan Moscovis :
  • margarin/mentega 300 gram
  • gula halus 150 gram
  • susu kental manis 200 ml
  • kuning telur 15 butir
  • tepung terigu protein sedang 50 gram
  • putih telur 4 butir
Resep Bahan Taburan Moscovis:
  • kacang kenari 75 gram, iris tipis
  • kismis 100 gram, cincang
  • rhum 150 ml
Cara Membuat Moscovis :
  1. Kocok margarin dan gula halus, hingga putih dan mengembang. Tuang susu kental manis sambil terus dikocok. Masukkan kuning telur sambil terus dikocok hingga putih. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku.
  3. Tuang sedikit adonan kuning telur dalam terigu, aduk perlahan-lahan hingga rata. Masukkan kembali dalam adonan kuning telur, aduk perlahan hingga rata. Masukkan putih telur perlahan sambil diaduk hingga rata.
  4. Siapkan loyang ukuran 18x18x5 cm alasi kertas roti, oles dengan margarin dan taburi terigu. Masukkan 3 sendok makan adonan, ratakan. Taburi kismis dan kenari, panggang dalam oven dengan api atas bersuhu 190°C – 200°C selama ±3-4 menit.
  5. Angkat, tekan perlahan dengan alat penekan cake, perciki dengan rhum.
  6. Ulangi kegiatan melapis hingga adonan habis.
  7. Panggang dengan api atas bawah selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.
  8. Potong sesuai selera, sajikan.
Untuk 16 potong
Selamat mencoba Resep Moscovis

IKLAN
Tag : Aneka Resep cake IKLAN
0 Komentar untuk "13 Aneka Resep Moscovis asli Dan Cara Buatnya"

Back To Top